Kesehatan

Yogurt Membuat Gusi Sehat

Kurang suka yoghurt karena rasanya asam? Mulai sekarang ada baiknya biasakan mengkonsumsi yoghurt tiap hari. Bukan hanya usus dan pencernaan jadi makin baik tetapi juga gusi jadi lebih sehat. Andapun terbebas dari penyakit jantung!

Kabar baik ini untuk pencinta yoghurt. Baik yoghurt cair maupun yang padat. Mau yang rasa alami atau dengan tambahan buah buahan. Semuanya memberi manfaat positif untuk tubuh. Hal inilah yang ditulis oleh D. Milton Stokes, M.S., R.D di majalah Eating Well edisi Agustus lalu.

Hasil riset terbaru membuktikan yoghurt juga sangat baik untuk kesehatan gusi. Riset dilakukan oleh peneliti Jepang yang mengamati 1.000 orang dewasa yang mengkonsumsi yoghurt secara rutin tiap hari dalam jumlah cukup banyak. Mereka ternyata memiliki gusi lebih sehat.

Hasil riset yang dipublikasikan awal tahun ini di The Journal of Periodontology menyebutkan probiotik atau bakteri baik bisa menjaga kesehatan gusi. Probiotik merupakan bakteri hidup yang baisanya terdapat dalam produk fermentasi seperti yoghurt dan kefir (fermentasi susu). Dalam penelitian dibuktikan probiotik sangat baik untuk pencernaan dan daya tahan tubuh.

“Untuk kesehatan gusi belum bisa disebutkan berapa banyak yoghurt dan produk fermentasi lain perlu dikonsumsi tiap hari,” demikian ujar Yoshihiro Shimazaki, D.D.S., Ph.D. dari Kyushu University yang memimpin riset. Namun yang jelas penyakit gigi mempengaruhi 1 dari 3 orang Amerika. Bakteri yang menumpuk di gigi  seperti plak lama-lama membentuk karang dan membuat gusi berdarah. Para peneliti yakin probiotik bisa menghambat pertumbuhan bakteri kurang baik di dalam mulut.

Menjaga kesehatan mulut bukan hanya untuk pergaulan saja. “Jika masalah gusi berdarah dibiarkan, orang akan mudah terserang penyakit jantung,” demikian jelas Mr. Shimazaki. Bakteri yang ada dalam mulut juga gusi akan masuk ke dalam aliran darah dan dapat merusak pembuluh darah arteri yang berakibat meningkatkan resiko terkena penyakit jantung.

Karena itu sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi yoghurt tiap hari agar gusi tetap sehat dan jantungpun menjadi sehat pula. Jadi, tingkatkan saja konsumsi yoghurt dalam smoothies atau shakes demi kesehatan Anda!

 

Teh Hijau Membuat Antibiotik Lebih Efektif

Para ahli Alexandria University di Mesir baru-baru ini menemukan, minum the hijau membantu membuat antibiotik menjadi 3 kali lebih efektif dalam mengatasi kuman yang disebut superbug. Para ahli menguji kombinasi teh hijau dengan antibiotik terhadap 28 mikro-organisme penyebab penyakit dari dua kelas yang berbeda. Dalam setiap kasus, teh hijau meningkatkan aktivitas antibiotik dalam membunuh bakteri.Studi dilakukan karena teh hijau sudah populer di Mesir. Para ahli ingin tahu, apakah minum teh dapat mempengaruhi khasiat antibiotik. Khasiat teh hijau benar-benar mengagetkan para periset. Dalam beberapa kasus, the hijau dengan kadar rendah pun efektif. Hasil studi dipresentasikan pada rapat ke 162 Society for General Micobiology di Edinburg International Conference Centre di Scotlandia.

 

Kulit Apel Dapat Mencegah Kanker

Para periset Institute of Comparative and Environmental Toxicology

Cornell University, Amerika, menemukan belasan senyawa di dalam kulit apel yang dapat menghambat atau membunuh sel-sel kanker di dalam kultur laboratorium. Bebera

pa senyawa ditemukan mempunyai aktivitas antikanker di dalam seluruh apel.

Para ahli menduga, anjuran makan berbagai jenis buah dan sayuran 5 sampai 12 saji per hari dapat

menurunkan resiko penyakit kronik, termasuk kanker. Juga dapat memenuhi kebutuhan untuk kes

ehatan optimum.

Dalam studi, para periset menganalisa senyawa-senyawa secara tersendiri, mengenali struktur senyawa yang menjanjikan dan mengujikan senyawa murni pada pertu

mbuhan sel kanker di laboratorium.

Berdasarkan hasil analisa, para ahli menyimpulkan, triterpenoids, sejenis molekul larut lemak yang secara alamiah terdapat di dalam kulit apel, melakukan b

anyak tugas anti kanker. Hasil studi diterbitkan dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry.

 

Tubuh Fit Berkat Bayam

Anda masih ingat pada film kartun Popeye The Sailorman? Karakter utama film tersebut, Popeye dikisahkan sangat gemar mengonsumsi bayam, dan memiliki tenaga super.

Sebenarnya apa sih, yang terkandung dalam daun bayam yang membuat tubuh Popeye tampak kekar dan bugar setiap kali ia memakannya?

Kandungan dan Manfaat Bayam

Secara umum, bayam yang sering dikonsumsi terdiri atas dua jenis. Bayam biasa dan bayam yang berduri. Sekalipun tampak luarnya agak berbeda, namun secara umum, kandungan dan manfaatnya adalah sebagai berikut:

• Daun bayam mengandung zat besi yang diperlukan tubuh untuk merangsang pembentukan sel darah merah. Semakin sering kita mengonsumsi daun bayam maka risiko kurang darah (anemia) yang membuat tubuh lemas, berkurang.

• Daun bayam mempunyai kandungan serat cukup tinggi sehingga baik untuk mengatasi gangguan ginjal dan organ pencernaan yang bermasalah seperti mengatasi sembelit dan melancarkan buang air besar.

• Daun bayam mengandung nutrisi yang berfungsi menurunkan kolesterol, gula darah, melancarkan peredaran darah dan menurunkan tekanan darah.

 

Khasiat Bayam sebagai Obat

• Untuk mengatasi Penyakit Kurang Darah
Sediakan 3 genggam daun bayam merah, cuci bersih lalu tumbuk sampai halus, tambahkan 1 sendok makan air jeruk nipis, kemudian saring. Tambahkan 1 sdm dan 1 butir kuning telur ayam kampung ke dalam air daun bayam. Minum 1 kali sehari selama seminggu. Untuk pengobatan berikutnya, minum ramuan ini 2 x seminggu sampai sembuh.

• Untuk Memperkuat Akar Rambut
Ambil 1 ikat daun dan batang bayam segar, cuci bersih dan tumbuk sampai halus. Tambahkan garam halus seujung sendok teh. Aduk rata, peras dan saring airnya, minum sekaligus dan minum 2-3 kali sehari.

• Untuk mengatasi Penyakit Kuning
Masaklah daun bayam bersama daging cumi-cumi dan dimakan selama beberapa hari.

 

Khasiat Bayam Duri sebagai Obat

• Mengatasi Sakit Gigi
Ambil akar daun bayam duri seperlunya, cuci bersih lalu kunyah. Buang setelah akar lumat.

• Melancarkan produksi ASI
Ambil satu batang bayam duri segar. Cuci bersih lalu tumbuk sampai halus, kemudian balurkan pada payudara dan lakukan 3-4 kali sehari sampai ASI lancar.

• Meredakan Demam
Ambil segenggam daun dan batang bayam duri segar. Cuci bersih lalu tumbuk, tambahkan air matang secukupnya sampai adonan kental. Tempelkan ramuan ini pada dahi dan pelipis.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: